.

Rabu, 04 Juli 2012

Fitur Android 4.1 Jelly Bean

Kehadiran Android 4.1 Jelly Bean yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya resmi juga diumumkan bersamaan dengan perangkat terbaru tablet Nexus 7. Sebagai versi lanjutan dari sistem operasi Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich), pasti akan ada banyak fitur baru yang ditambahkan ke dalamnya dan tentu saja pasti akan lebih canggih dari versi yang sebelumnya.

Pasti ada yang penesaran apa saja fitur Android 4.1 Jelly Bean yang baru dirilis ini, untuk itu silahkan simak saja sajian berikut ini yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Project Butter Andorid Jelly Bean memang fokus pada performa. Lebih spesifiknya lagi, yaitu peningkatan pada responsivitas antarmuka penggunanya. Oleh karena itu Google akhirnya mendedikasikannya lewat sebuah proyek yang diberi nama Butter untuk meningkatkan kinerja sistem operasi Android Jelly Bean ini.
Project Butter dalam Jelly Bean sejatinya tidak hanya mengubah tampilan Android jadi kelihatan lebih menarik, namun juga diklaim dirancang untuk mengoptimalkan kemampuan System on Chip (SoC) pada setiap perangkatnya.

Ada beberpa poin yang membuat Project Butter ini tampil lebih mempersona, di antaranya:
  • Vsync yang fungsinya untuk anti flickr.
  • Triple Buffering berfungsi untuk mengoptimalkan OpenGL.
  • Optimalisasi pada prosesor untuk meningkatkan responsifitas ponsel.
Dan untuk membuktikan kelebihannya itu, Google menunjukkan dua smartphone Galaxy Nexus, dimana perangkat yang satu menjalankan Ice Cream Sandwich, sementara yang satunya lagi menjalankan Jelly Bean. Dan dari hasil perbandingannya memang membuktikan perbedaan besar berkat Project Butter. Hasilnya, menurut sumber di GSMarena benar-benar cukup mengesankan.

Keyboard and Voice InputKeyboard sebagai alat input teks, pada Jelly Bean juga dikhabarkan sudah mengalami peningkatan, dengan prediksi yang lebih baik dan lebih akurat serta kamus yang telah diperluas.

Pada sistem operasi ini juga memiliki fitur Voice Typing yang tersedia dalam modus offline. Itu artinya pengguna tidak perlu lagi harus koneksi data untuk melakukannya, selain itu kinerja fitur itu juga tidak terpengaruh oleh kecepatan yang lambat.


Galeri FotoPada Android Jelly Bean, diklaim bisa mengambil gambar/foto lebih intuitif. Dengan membawa tampilan antarmuka dan fungsi gerak baru, pengguna cukup menggeser ke samping saja untuk mengakses galeri fotonya. Pengguna juga bisa dengan cepat menghapus gambar hanya dengan cara menggesernya dari layar.

NotifikasiDengan perubahan yang mencakup bar notifikasi, yang kini dibuat lebih pintar. Salah satu contoh, ketika pengguna mendapat panggilan tak tejawab, maka untuk menelepon kembali nomor tersebut cukup melalui bar notifikasi tersebut.

Selain itu notifikasi kini juga mencakup untuk berbagai aplikasi seperti Music, Pulse, dan Gmail yang diperluas untuk memberikan rincian lebih lanjut tanpa harus membuka aplikasi.

Google SearchAplikasi paling lawas di perangkat Android adalah Google Search, secara signifikan juga telah mengalami perubahan. Di mana, Google Search atau pencarian google kini telah support dengan perintah bahasa alami. Dengan begitu, Google tampaknya telah siap untuk menghadirkan calon penantang serius bagi Siri.
Yaiutu ketika pengguna melakukan pencarian, pengguna akan memperoleh sebuah kartu berdesain minimalis. Menariknya lagi, ketika pengguna menggesek ke kiri, kartu itu kan memperlihatkan kepada pengguna daftar semua hasil pencarian dari Google Search.

Selain itu Google juga menghadirkan fitur baru yang masih merupakan bagian dari Google Search itu sendiri yang disebut dengan Google Now yang fungsinya untuk menunjukkan daftar angkutan umum, informasi penerbangan, serta hasil olah raga.

Widget Widget pada Android Jelly Bean kini semakin mantap. Fitur widget itu sekarang sudah dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan space yang tersisa di layar. Sehingga widget yang memiliki ukuran yang besar sekalipun tetap akan lebih enak dipandang.

Nah, itu dia fitur Android 4.1 Jelly Bean yang baru di rilis ini, Dan pada generasi berikutnya entah fitur dan kecanggihan apa lagi yang akan di tambahkan.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More